Senin, 29 Maret 2010

LANGKAH-LANGKAH MEBUAT MAIL MERGE PADA OPEN OFFICE

Adapun langkah-langkah membuat mail merge pada open office writer adalah sebagai berikut!

1.Pilih menu Tools | mail merge wizard


2.Selanjutnya ada beberapa pilihan untuk menentukan dokumen utama yang akan dijadikan sebagai halaman utama dokumen, kali ini kita akan mencaba membuat dokumen baru untuk biodata, dengan mengklik “create a new document”



3.klik next untuk melanjutkan. Selanjutnya akan muncul menu dokumen tipe, dan pilih “letter” karena kita akan membuat dokumen yang dapat dicetak, dan selanjutnya klik next



4.Selanjutnya akan muncul tampilan select addres list, dan pilih create, untuk membuat yang baru. Dan klik ok




5.klik tombol costumize,



6.Disini kita dapat menambah data dengan mengklik add atau menghapus data dengan mengklik delete


7.Tampilan setelah kita mengkostumaisnya, klik ok


8.Selanjutnya kita dapat mengisi datanya, seperti dibawah ini, klik ok


9.Datanya akan disave dulu di folder databasenya, selanjutnya akan muncul kotak menu address block, dan klik more untuk menentukan format biodata yang akan tampil sesuai yang kita inginkan, makan akan muncul tampilan yang kita inginkan selanjutnya klik new..


10.Apabila belum menetukan field dengan table yang dimiliki pada kolom preview akan muncul kalimat artinya belum sesuai, kemudian klik ok



11.Klik match field untuk menentukan field-field pada wizard dngan kolom-kolom pada table yang kita miliki.

12.Pada menu selanjutnya adalah menentukan apakah documen yang diinginkan juga mengandung kata-kata pembuka/salution seperti yang terhormat dan lain sebagainya. Kita dapat menentukan apakah ingin menggunakan ucapan pembuka atau tidak. Apabila kita tidak menginginkan kalimat pembuka, cukup hilangkan semua tanda checklist yang ada pada jendela dialog



13.Menu selanjutnya yaitu menentukan posisi pada kertas yang akan dicetak/layout. Silahkan menentukan layout sesuai dengan yang anda inginkan.


14.Sebelum mencetak dokument akan ada menu pilihan untuk mengedit dokumen utama yang ada, namun apabila tidak ingin mengedit dokumen cukup klik next



15.Menu ini adalah untuk membuat halaman khusus didalam halaman mail merge. Apabila tidak memiliki halaman khusus yang diinginkan, selanjutnya klik next



16. Langkah terakhir adalah menyimpan, mencetak document. Dapat mencetak dalam bentuk file perhalaman atau langsung mencetak ke kertas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar